728x90 AdSpace

  • Latest News

    11 Agustus 2009

    Batik Mustika Warnai Cepu Expo’09

    Kini Kabupaten Blora telah mempunyai batik khas, yaitu Batik Mustika atau juga bisa disebut sebagai Batik Jati. Hal ini disampaikan Staf Ahli Pembangunan Pemerintah Kabupaten Blora Setyo Edy, SH. pada acara Pembukaan Pameran Dagang dan Industri Cepu Expo’09 di Lapangan Ronggolawe Cepu (05/08). Disebut Batik Jati karena corak yang dominan pada desain batik tersebut adalah motif daun jati (godong jati). Sedangkan jati sendiri merupakan hasil hutan khas Kabupaten Blora. Sambil mengamati baju batik jati yang dikenakan petinggi penyelenggara Cepu Expo’09 Citra Pamerindo Abadi, Edy mencoba mengurai detail corak yang ada pada batik mustika.
    Selain corak godong jati, pada batik mustika terdapat motif tokoh Semar. “Sebagai pejabat, seseorang harus bisa menjadi pamomong, atau teladan bagi bawahannya,” lanjutnya. Kemudian ada gambar tayub, tayub merupakan tarian khas wilayah Blora dan sekitarnya. Belum lama ini tim penari dari Blora berhasil memenangi lomba tari nasional di Jakarta. Ada juga gambar sate. Sate merupakan makanan khas Blora, menggunakan bumbu khusus yang lain daripada sate-sate yang ada ditempat manapun. Ada gambar Barongan yang juga kesenian khas Blora. Belum lama ini Blora juga telah mendapatkan penghargaan dari International Festival untuk kesenian Barongan. Kemudian terdapat pula gambar bor minyak. Bor minyak menceritakan bahwa di Kabupaten Blora banyak mempunyai sumber minyak dan gas bumi.
    Sementara itu, dalam kutipan sambutan Bupati Blora disebutkan bahwa pameran dagang dan industri bukan hanya berguna bagi peningkatan ekonomi, tapi juga memberikan hiburan pada masyarakat. Selain itu juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk lebih mengenal produk-produk lokal Blora dengan harapan masyarakat dapat mencintai produk-produk sendiri.
    Sebelumnya, Ketua Panitia Pembukaan Pameran Miftahul Ulum menyampaikan bahwa pameran kali ini diikuti oleh 125 peserta, dari Cepu, Blora, maupun peserta dari luar Blora. Disampaikan pula bahwa pameran hanyalah salah satu upaya akan peningkatan kualitas perekonomian lokal. Dalam kesempatan itu, Miftahul Ulum mewakili pihak Citra Pamerindo Abadi menyampaikan selamat berpameran dan selamat berpromosi kepada segenap peserta Cepu Expo’09.
    Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pudyatmo, Kepala Badan Perencanaan Daerah Edy Supriyanto, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Syahlan Ahmad, Camat Cepu Purwadi Setiyono, Kapolsek Cepu Yaban, Kepala Humas Migas Wien Eko Koesfiyanto, Kepala Pos Lantas Cepu R. Sosiyanto dan tamu undangan lain. Acara dibuka dengan ditandai penekanan sirine oleh Staf Ahli Pembangunan Pemkab Blora pada jam 16.40 WIB. Sedianya dilanjutkan acara pelepasan balon, tapi rupanya terjadi miss understanding, sehingga puluhan balon karbit keburu dilepaskan dulu oleh petugas pameran bersamaan dengan penekanan sirine.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    3 komentar:

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Batik Mustika Warnai Cepu Expo’09 Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top