728x90 AdSpace

  • Latest News

    08 Maret 2015

    Kunjungi Kampung Samin Blora, Jokowi Disuguhi Tradisi Degan dan Air Kendi

    Presiden Jokowi meminum air degan (kelapa muda) di depan sesepuh Kampung Samin Klopoduwur Blora, Mbah Lasiyo, kemarin.
    BLORA. Kampung Samin yang berada di Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Sabtu (7/3) kemarin kedatangan tamu istimewa. Warga setempat pun tidak menyangka kalau Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi mau mengunjungi kampung yang ada di tengah rerimbunan hutan jati berjarak sekitar 8 kilometer selatan Kota Blora ini.

    Karena termasuk agenda dadakan, pihak desa dan warga setempatpun hanya melakukan persiapan sederhana yang serba alami. Yakni tradisi degan dan minum air kendi yang merupakan simbol kesederhanaan warga masyarakat sedulur sikep di kampung samin ini.

    Sekitar pukul 13.00 WIB iring-iringan mobil Indonesia Satu memasuki Kampung Samin Karangpace. Begitu Presiden Jokowi turun dari mobil, tampak Mbah Lasiyo sesepuh Sedulur Sikep Samin Karangpace dan kerabatnya menyambut dengan pakaian serba hitam dan mebawakan dua buah degan (kelapa muda) untuk kepala negara dan ibu negara yang baru usai panen jagung di hutan KPH Randublatung.

    “Tradisi degan merupakan bentuk penghormatan kami kepada tamu. Air degan (air kelapa muda) merupakan air alami buatan alam tanpa ada proses pengolahan oleh manusia. Semoga ini bisa menyegarkan kembali tubuh presiden setelah memanen jagung,” kata Mbah Lasiyo.

    Begitu juga dengan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana, beliau dengan senang hati meminum air degan yang masih berada di dalam buah kelapa utuh dengan menggunakan sedotan.

    Presiden Jokowi minum air kendi di Pendopo Samin Blora.
    Tidak hanya degan, di dalam Pendopo Kampung Samin juga disajikan air kendi dan jajanan berupa krowotan. Krowotan merupakan jajanan berupa umbi-umbian, jagung, pisang yang semuanya serba direbus. Sedangkan air kendi bagi masyarakat sedulur sikep di Klopoduwur merupakan air minum sehari-hari. Kesegaran air kendi masih alami karena kendi sendiri terbuat dari tanah liat yang diisi air.

    Usai berdialog dengan warga, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana lantas mengambil sebuah kendi dan langsung menenggaknya. Peristiwa ini disambut baik dan tepuk tangan warga Samin. Kendi diangkat oleh Jokowi lalu dituangkan ke mulut. "Sudah diangkat ternyata isinya kosong," kata Jokowi sambil guyonan dan suasana menjadi riuh.

    Lantas dia mengambil kendi kedua dan menuangkannya ke mulut. "Ini baru ada isi dan rasanya sangat segar," kata Jokowi.Cara itu kemudian diikuti Gubernur Ganjar Pranowo, Bupati Blora dan beberapa masyarakat setempat. Diketahui, cara meminum langsung dari kendi merupakan khas warga Samin di Blora. (rs-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Kunjungi Kampung Samin Blora, Jokowi Disuguhi Tradisi Degan dan Air Kendi Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top