728x90 AdSpace

  • Latest News

    21 Februari 2015

    Di Blora, TNI Bantu Petani Basmi Hama Jamur Pada Tanaman Padi

    Anggota TNI Babinsa Kodim 0721 Blora membantu petani dalam pembasmian hama jamur pada tanaman padi, kemarin.
    BLORA. Akhir-akhir ini hama blas (jamur) menyerang tanaman padi di sejumlah desa di Blora. Saat ini serangan hama tersebut sudah menyebar hampir di sebagian besar lahan pertanian yang ada di Blora. Salah satunya di Desa Patalan, Kecamatan Blora Kota. Untuk mengatasi hal itu, kemarin Danramil Kota Kapten Inf Supartono, dengan didampingi sejumlah Binta Pembina Desa (Banbinsa) Kodim 0721/Blora mempelopori pembasmian hama tersebut.

    Mereka bersama-sama petani Desa Patalan, juga dipandu Kepala UPTD Dintanbunakikan Kecamatan Kota, Sukaryo melakukan penyemprotan. Menurut Sukaryo penyakit Blas pada tanaman padi disebabkan oleh jamur Pyricularia oryzaedan dapat menyerang tanaman padi pada semua fase. Mulai pertumbuhan, persemaian sampai menjelang panen.

    Pada fase vegetativehama tersebut menyerang pada daun sehingga menimbulkan bercak coklat belah ketupat dan bisa mengakibatkan tanaman mati. Sedangkan pada fase generative, umumnya menyerang pada leher malai atau sering disebut gulu pedot. ’’Ini bisa mengakibatkan tanaman jadi fuso,’’jelasnya.

    Kelembaban Dikatakan, faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit blas antara lain kelembaban yang tinggi, suhu malam hari sekitar 22-29 0C, penggunaan pupuk nitrogen yang berlebihan dan ketahanan varietas yang ditanam. ’’Dengan tipikal itu dalam pengendalian perlu dilakukan secara terpadu dengan berbagai cara, sehingga dapat menekan perkembangan penyakit hama jamur tersebut,’’tambah Sukaryo.

    Untuk itu Sukaryo menghimbau kepada para kelompok tani untuk segera melakukan gerakan bersama pengendalian hama menggunakan fungisida. ’’Sebagai informasi dalam pengendalian bisa bekerja sama dengan para Babinsa Kodim 0721/Blora yang secara resmi sudah diberi tugas pendampingan kepada para petani dalam pengawalan pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai.’’ (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Di Blora, TNI Bantu Petani Basmi Hama Jamur Pada Tanaman Padi Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top