728x90 AdSpace

  • Latest News

    19 Februari 2015

    Kerajinan Batu Akik Blora Banyak Diminati Masyarakat

    Perajin batu akik asal Blora sedang memperlihatkan batu dan kayu dari Blora yang layak dikembangkan jadi kerajinan kreatif batu akik.
    BLORA. Batuan dan fosil kayu yang ada di Blora memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi usaha kerajinan kreatif batu akik. Bahkan saat ini masyarakat Blora banyak yang menyukai batu akik tersebut.

    “Potensi Blora sebenarnya sangat besar untuk batu aki, dan saat ini banyak yang pesan dibuatkan,” ujar salah seorang perajin batu akik Kusno Winoto.

    Menurutnya setiap hari banyak yang pesan dan dibuatkan bentuk dan ukuran batu akik sesuai dengan selera pemesan. Umumnya yang dipesan berasal dari batuan dari Blora serta beberapa juga berbahan dari fosil kayu jati yang sudah lampau. “Setiap hari minimal 10 orang yang pesan, dan tidak hanya satu model,” jelas Kusno yang membuka gerai batu akik di Kelurahan Tegalgunung Blora ini.

    Untuk harga satu batu akik yang dibuatnya bervariasi muali dari yang Rp 25 ribu hingga Rp 500 ribu. Tergantung dari jenis batuan yang ada. Dia mengakui untuk batu akik khas Blora yang paling bagus adalah jenis batu gambar dan itu dia hargai cukup mahal. Bahkan sejak diperkenalkan, sudah ratusan batu akik dia jual.

    Bukan hanya warga Blora yang berminat dan memesannya. Tetapi juga warga dari Kabupaten Pati, Rembang serta Bojonegoro banyak yang tertarik.

    Bahkan untuk fosil kayu jati yang dia buat untuk akik juga cukup bagus, selain dibuat batu akik juga untuk liontin dan juga aksesoris lainnya. “Yang jelas potensi batu di Blora cukup besar untuk dibuat batu akik apalagi batuan itu juga mudah di dapatkan,” ungkapnya.

    Selain menjual batu akik, Kusno juga menjual titanium yang juga banyak sekali pembelinya. Sehingga seringkali untuk yang beli titanium digratiskan batu akik. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Kerajinan Batu Akik Blora Banyak Diminati Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top