728x90 AdSpace

  • Latest News

    07 Februari 2015

    Dinas ESDM Jateng : LPJU Tenaga Surya di Jl.Blora-Cepu Belum Dihibahkan ke Pemkab

    Salah satu LPJU tenaga surya yang terpasang di Jalan Blora-Cepu hingga kini masih dalam pengelolaan Dinas ESDM Jawa Tengah.
    BLORA. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng belum akan menghibahkan 40 lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya (solar cell) kepada Pemkab Blora.

    Kepala Dinas ESDM Jateng, Teguh Dwi Paryono mengemukakan, tahun ini 40 LPJU solar cell yang berada di kawasan hutan jati di jalur Blora-Cepu itu pengelolaanya masih berada di instansi yang dipimpinnya. ’’Jadi, belum akan dihibahkan,’’ ujarnya, saat mendampingi kunjungan kerja Gubernur Ganjar Pranowo di Blora, Kamis (5/2).

    Menurutnya, dana untuk pemeliharaan LPJU itu sudah dianggarkan di ESDM Jateng. Teguh Dwi Paryono tidak memastikan kapan Dinas ESDM Jateng akan menghibahkan LPJU yang dibangun akhir 2014 itu ke Pemkab Blora. ’’Satu tahun ini masih dalam pengelolaan kami,’’tandasnya.

    Teguh Dwi Paryono mengakui beberapa LPJU solar cell pernah mengalami kerusakan. Hanya saja dia menegaskan jumlah LPJU yang rusak hanya empat. ’’Bukan 12 unit seperti yang pernah diberitakan,’’ katanya.

    Empat LPJU yang rusak itupun, kata dia, telah diperbaiki dan sudah menyala. Menurutnya, perangkat solar cell adalah barang elektronik yang bisa rusak. Selain itu, dedaunan pohon jati menghalangi perangkat penerima sinar matahari di LPJU tersebut. Akibatnya, tenaga yang dibutuhkan untuk menyalakan LPJU kurang optimal. ’’Tapi yang rusak itu sudah diperbaiki,’’ ujarnya.

    Memangkas Ranting
    Pihaknya pun berkoordinasi dengan Perhutani untuk memangkas ranting pohon jati yang dedaunnya menghalangi penerimaan sinar matahari di LPJU tersebut. Sebelumnya, sejumlah fraksi di DPRD mendesak Pemkab Blora menyikapi banyaknya LPJU solar cell yang tidak menyala di kawasan Cabak-Sambong.

    Padahal LPJU itu belum lama dibangun. Kepala Dinas ESDM Blora, Setyo Edy, telah menugaskan sejumlah stafnya untuk mengecek LPJU solar cell tersebut. Dari pengecekan itu diperoleh jumlah LPJU yang tidak menyala sebanyak 12 unit. Pihaknya pun telah melaporkan kerusakan itu ke Dinas ESDM Jateng dan memintanya untuk segera diperbaiki.

    Pemkab Blora, menurut Setyo Edy, tidak akan menerima hibah LPJU solar cell sebelum kerusakan diperbaiki dan menyala semuanya. ’’Kami berterima kasih jika ternyata solar cell yang rusak itu sudah diperbaiki,’’ ujar Setyo Edy, kemarin. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Dinas ESDM Jateng : LPJU Tenaga Surya di Jl.Blora-Cepu Belum Dihibahkan ke Pemkab Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top