728x90 AdSpace

  • Latest News

    23 Februari 2015

    Proyek Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Senilai Rp 135 Miliar Mulai Dikerjakan

    Ilustrasi Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) yang akan dibangung di Kabupaten Blora.
    BLORA. Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Blora senilai Rp 135 sudah dimulai. Proyek tersebut ditangani Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam hal ini Direktorat Jenderal Cipta Karya. Proyek itu memanfaatkan air Bengawan Solo di Kecamatan Cepu.

    “Beberapa bagian pengerjaan proyek sudah mulai dikerjakan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Blora, Bondan Sukarno, Sabtu (21/2).

    Proyek SPAM strategis yang pengerjaannya dilaksanakan tahun ini, merupakan proyek dengan nominal anggaran terbesar di Indonesia. Sepengetahuan Samgautama Karnajaya, proyek SPAM di beberapa daerah di Jateng maupun yang pernah dikerjakan di wilayah lain di Indonesia, nominal anggarannya di bawah Rp 100 miliar. “Perencanaannya dilakukan 2014. Dan tahun ini pengerjaan proyek fisiknya,” tandasnya.

    Infrastruktur yang akan dibangun meliputi dalam proyek tersebut diantaranya intake atau bangunan yang berfungsi untuk menangkap air dari badan air (sungai) di Kecamatan Cepu. Selain itu juga infrastruktur pengolahan air, jaringan pipa transmisi sejauh sekitar 40 kilometer dari Kecamatan Cepu menuju Kecamatan Blora dan sejumlah bagian lainnya. 


    “Nantinya akan ada dua lokasi penampungan air yakni di kawasan Cepu Asri dan di Cabak. Kedua tempat itu merupakan lokasi tertinggi dari lintasan yang dilalui,” tandas Bondan Sukarno.

    Wilayah yang akan dilewati pipa jaringan transmisi air bersih itu meliputi Kecamatan Cepu, Sambong, Jiken, Jepon dan Blora kota. Warga yang bermukim di wilayah jaringan pipa transmisi, termasuk masyarakat di Kecamatan Bogorejo, nantinya juga akan bisa menikmati air bersih dari proyek tersebut. 


    Hanya saja terlebih dahulu harus dibangun jaringan pipa distribusi air bersih yang antara lain nantinya menuju ke pemukiman warga. Debit air dalam proyek SPAM ini direncanakan 200 liter perdetik, namun untuk tahap awal 100 liter perdetik. (Abdul Muiz-SMNetwork | Alf-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Proyek Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Senilai Rp 135 Miliar Mulai Dikerjakan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top