728x90 AdSpace

  • Latest News

    25 Februari 2015

    Viesta Shop Kenalkan Potensi Blora Melalui Kaos Oblong

    Vesta Wahyuningsih (kanan) menunjukkan salah satu model kaos Samin saat berada di Kios Viesta Shop Blok T Blora bersama salah satu mitra kerjanya. (foto: rs-infoblora)
    BLORA. Upaya untuk memperkenalkan potensi Blora tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saja. Namun kini banyak bermunculan pengusaha kreatif yang ikut mempromosikan potensi kabupaten di ujung timur Jawa Tengah ini agar lebih dikenal masyarakat luas dengan berbagai cara. Salah satunya adalah usaha kreatif kaos oblong Viesta Shop milik Vesta Wahyuningsih (39) warga Kedungjenar Blora.

    Melihat di kota-kota besar banyak memiliki kaos oblong ciri khas daerah, dengan dibantu beberapa mitra dan reseller, sejak awal tahun 2014 lalu ia mulai merintis usaha kaos oblong khas Blora yang membidik pasar generasi muda.

    Pada awalnya Kios Viesta Shop yang berada di pertokoan Blok T (eks terminal lama) Blora hanya menjual beberapa motif kaos bertemakan Samin dan Sedulur Sikep dengan tokoh Samin Surosentiko sebagai ikon kaos khas Blora. Namun dengan semakin banyaknya konsumen yang tidak hanya kaum muda, kini semakin banyak juga tema kaos oblong yang diproduksi.

    “Dahulu kebanyakan hanya kaos Samin yang kami jual. Melihat pasar yang bagus, kita coba membuat kaos dengan design atau gambar lain dengan masih mengusung tema tentang potensi Kabupaten Blora. Seperti kaos bergambar pendopo kabupaten, Masjid Agung Baitunnur, Alun-alun jaman dulu, Tugu Pancasila, Barongan, Tugu Sate Blora, I Love Blora, serta beberapa tokoh dari Blora, Pramoedya Ananta Toer, RM Djokomono Tirto Adhi Soerjo dan lainnya,” jelas Vesta, Selasa (24/2) kemarin.

    Setelah setahun berjalan, kini kios miliknya menjadi salah satu lokasi mencari souvenir kaos khas Blora. Terutama saat weekend, banyak yang menyempatkan diri datang ke kios untuk berbelanja sebagai oleh-oleh ke luar kota.

    Tidak hanya terpaku pada penjualan melalui kios, pihaknya juga melakukan promosi lewat media sosial seperti facebook Viesta Viesta dan twitter @Viesta_Shop. Tujuannya agar bisa melayani konsumen yang ada di luar kota melalui sistem online market.

    “Alhamdulillah berkat berbagai macam promosi dan bantuan teman-teman semua. Kini usaha kami untuk memperkenalkan Blora lewat kaos oblong telah dikenal luas. Paling jauh mengirim kaos ke Palembang, Jambi, Sumatera Barat, Kalimantan, Lombok, dan lainnya,” ungkap perempuan berhijab ini.

    Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Vesta
    menunjukkan  kaos Samin yang dibelinya dari kios
    Viesta Shop. (foto: rs-infoblora)
    “Bahkan belum lama ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta rombongan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora awal Februari lalu juga berkenan membeli kaos produk kami sebagai oleh-oleh. Beliau menyatakan dukungannya kepada kami agar terus berkarya dengan design-design baru,” tambahnya.

    “Ini salah satu bentuk upaya memperkenalkan sisi lain Blora melalui kaos oblong. Angkat tokoh-tokoh Blora yang melegenda seperti Samin Surosentiko, Pramoedya Ananta Toer dan lainnya. Gunakan kalimat petuah dari tokoh tersebut sebagai design kaos sehingga menarik orang lain untuk membacanya. Seperti Jogja ada Dagadu, Bali ada Jogger yang terkenal dengan permainan kata. Maka Blora sudah sepantasnya juga bisa,” ungkap Vesta menirukan masukan dari Ganjar Pranowo.

    Sementara itu, Sugeng Ariyadi (23) salah satu konsumen Viesta Shop yang kini tinggal di Balikpapan Kalimantan Timur mengaku senang bisa memakai kaos oblong dengan tema Blora. “Dahulu kebanyakan orang pakai koas I Love Jogja, I Love Bali dan sejenisnya. Tidak banyak yang tahu tentang Blora. Namun dengan adanya kaos oblong khas Blora ini setidaknya bisa mengenalkan Blora di luar daerah dan saya turut bangga memakai di tanah rantau,” ungkap Sugeng. (Tio-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Viesta Shop Kenalkan Potensi Blora Melalui Kaos Oblong Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top