728x90 AdSpace

  • Latest News

    01 Maret 2015

    Banyaknya Usulan Pembangunan 2016 Disesuaikan Kemampuan Anggaran Daerah

    Samgautama Karnajaya Kepala Bappeda Blora (kiri) memberikan arahan pada peserta musrenbang tingkat kecamatan belum lama ini. (foto: jo-infoblora)
    BLORA. Kegiatan ataupun proyek yang diusulkan masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan (mursembang) desa/kelurahan atapun kecamatan 2016 dipastikan tidak akan terealisasi seluruhnya. Sebab, jumlah maupun rencana anggarannya sangat banyak. Padahal kemampuan keuangan daerah sangat terbatas. Sehingga banyaknya usulan yang masuk akan dipilah diprioritaskan dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

    “Tentu usulan-usulan kegiatan itu akan dipilah-pilah lagi. Selain mengacu kemampuan keuangan daerah juga disesuaikan dengan prioritas program pembangunan daerah,” ujar Samgautama Karnajaya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, kemarin.

    Jumlah usulan kegiatan atau proyek yang dimasukan dalam musrembang di tingkat desa dan kelurahan sebanyak 3.990 usulan. Namun usulan tersebut disaring lagi dalam musrembang di tingkat kecamatan hingga menjadi sebanyak 1.507 usulan. Dari 1.507 usulan kegiatan di tingkat kecamatan, pagu anggaran indikatifnya sebesar Rp 690,98 miliar.

    Sedangkan pagu indikatif 2016 untuk usulan kegiatan hasil musrembang desa dan keluarahan sebesar Rp 897,18 miliar. Jumlah tersebut masih ditambah usulan anggaran kegiatan yang ada di setiap SKPD di Pemkab Blora sebesar Rp 734,80 miliar. Padahal dalam APBD 2015 saja, kemampuan keuangan daerah Blora berupa pendapatan hanya sebesar Rp 1,577 triliun.

    Dari jumlah tersebut, Rp 957 miliar diantaranya dihabiskan untuk anggaran belanja pegawai. Adapun belanja langsung untuk pembangunan hanya tersedia senilai Rp 544 miliar. Dengan terpaksa akan ada banyak usulan pembangunan yang ditunda pelaksanaannya tahun 2016. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Banyaknya Usulan Pembangunan 2016 Disesuaikan Kemampuan Anggaran Daerah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top