728x90 AdSpace

  • Latest News

    26 Januari 2015

    6 Pejabat Ikuti Tes Kompetensi Calon Sekda Blora di BKD Jawa Tengah

    Enam pejabat PNS Blora ikutites kompetensi calon sekretaris daerah (Sekda) Kab.Blora di Kantor BKD Jawa Tengah.
    SEMARANG. Pagi ini, Senin (26/1) bertempat di BKD Provinsi Jateng, Kabupaten Blora menyelenggarakan Tes Kompetensi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Blora yang difasilitasi oleh BKD Prov Jateng selama 2 hari (26 s/d 27).

    Hadir dalam pembukaan, Kepala BKD Prov Jateng, Suko Mardiono, SH, MM didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pegawai, Pejabat yang mengikuti Tes Kompetensi sejumlah 6 orang calon, Inspektur dan Kepala BKD beserta 3 staf Kabupaten Blora, serta Tim Assesment Center Prov. Jateng.

    Dalam pembukaan acara tersebut Kepala BKD Prov Jateng menyampaikan “Selamat Datang” dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora yang telah memberikan kepercayaan kepada Tim Assesment Prov Jateng untuk memfasilitasi pengukuran potensi dan kompetensi PNS melalui model Position Competencies Assessment Program (PCAP).

    Reformasi Birokrasi dalam bidang SDM aparatur diarahkan untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara, berorientasi untuk mendukung pembangunan nasional dengan rencana aksinya diantaranya adalah Program Sistem Promosi PNS secara terbuka.

    Hal tersebut juga dipertegas dengan lahirnya UU. No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi di lingkungan instansi pemerintah dilakukan secara terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, pelaksanaannya dilakukan oleh Panitia Seleksi yang dibentuk oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.

    Implementasinya dengan kebijakan promosi terbuka dalam jabatan struktural, dilaksanakan sebagai upaya untuk menjamin obyektifitas, keadilan (equity), transparansi dan akuntabilitas dalam pengisian jabatan struktural lowong sehingga diharapkan PNS yang menduduki jabatan struktural memiliki kompetensi unggul dan mampu bekerja secara profesional.

    Sebagai dasar adalah Per-MenPAN & RB No.13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan struktural Yang Lowong Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 821.22/5992/SJ Tanggal 29 Oktober 2014 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 821/011585 tanggal 21 November 2014 dimana untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota tidak lagi dilakukan melalui konsultasi kepada Gubernur melainkan melalui metode seleksi secara terbuka.

    Assessment Center
    Manfaat ganda dilaksanakannya Assessment Center adalah bagi organisasi dan bagi PNS yang bersangkutan, antara lain yaitu : Memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu; Mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan; Menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang spesifik dan terencana bagi pegawai; Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan managerial pegawai. 

    Hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana/alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karir pegawai.

    Enam pejabat kandidat calon Sekda Kabupaten Blora mengikuti pembukaan tes kompetensi di Kantor BKD Jawa Tengah.
    Calon Pejabat Pimpinan Tinggi
    Kegiatan Tes Kompetensi/PCAP bagi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Blora diikuti oleh sejumlah 6 (enam) orang yaitu :

    No.
    Nama
    Jabatan
    1.
    Drs. BONDAN SUKARNO, MM
    Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekda Kabupaten Blora
    2.
    SLAMET PAMUJI, SH, M.Hum
    Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora
    3.
    Ir. SUTIKNO SLAMET
    Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Blora
    4.
    WINARNO, S.Sos
    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Blora
    5.
    Drs. PURWANTO, MM
    Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Kabupaten Blora
    6.
    KOMANG GEDE IRAWADI, SE, M.Si
    Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Blora

    Seperti disampaikan oleh staf dari BKD Kab Blora, hasil tes Kompetensi akan disampaikan kepada Pansel yang telah ditunjuk oleh Bupati Blora yang anggotanya adalah 2 orang dari unsur dalam (PNS), 3 orang dari unsur luar (Non PNS), dan diketuai dari unsur Non PNS.
    Diakhir sambutanya Suko Mardiono mengharapkan peserta dapat berkonsentrasi mengikuti dengan baik, dan semoga dapat memberikan manfaatkan bagi pengembangan SDM di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. (Jo-infoblora | Humas BKD Jateng)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: 6 Pejabat Ikuti Tes Kompetensi Calon Sekda Blora di BKD Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top