728x90 AdSpace

  • Latest News

    30 Januari 2015

    Membanggakan, Produksi Kacang Kedelai di Blora Capai 15.268 Ton

    Kepala Dintanbunakikan Blora Reni Miharti (dua dari kiri) bersama Bupati (tiga dari kiri) dan Dandim 0721 Blora (paling kanan) mengikuti panen raya kedelai di Desa Singget Kecamatan Jati, belum lama ini.
    BLORA. Sebanyak 15.268 ton kedelai mampu di hasilkan oleh petani kedelai yang ada di Blora selama musim tanam tahun 2014. Hasil tersebut merupakan pencapain yang cukup membanggakan, selain hasil panen kedelai tahun 2014 juga sangat baik. Jumlah tersebut dihasilkan dengan luas lahan 6.079 hektar dan rata-rata produktivitas perhektarnya mencapai 25, 12 kwintal .

    “Untuk tahun ini produksi kedelai di Blora mencapai 15.268 ton dan itu sangat baik,” ujar Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora Reni Miharti usai panen raya kedelai di Desa Singget Kecamatan Jati Blora.

    Menurutnya saat ini hampir seluruh petani kedelai melakukan panen dan rata-rata panen setiap hektarnya mencapai 25,12 kwintal. Pencapaian itu terjadi karena adanya program SLPTT pengembangan kedelai tahun 2014 seluas 650 hektar dan perluasan areal tanam (PAT) Kedelai seluas 4.000 hektar.

    Reni menambahkan di tahun 2015 akan dilakukan progam lanjutan agar produksi kedelai  kembali meningkat. Upaya yang akan dilakukan oleh Dinas Pertanian dengan menerapkan Gerakan Penerapan Pengolahan Tanaman Terpadu (GP2TT) kedelai seluas 4.000 hektar berupa bantuan sosial. “Juga akan dilakukan bantuan penumbuhan penangkar benih kedelai serta bantuan alsintan untuk mendukung prosesing,” jelas mantan Kepala Dinas Kehutanan ini.

    Sementara itu Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Ngalimin menambahkan bahwa vaarietas yang banyak di tanam oleh petani di Blora khususnya di Kecamatan Jati, Randubaltung dan sekitarnya adalah varietas Grobogan yang juga merupakan varietas unggul. Sedangkan beberapa lainnya menggunakan varietas yang lain. “Paling banyak varietas Grobogan dan itu cukup bagus,” terangnya.

    Dengan penerapan tersebut diharapkan secara bertahap swasembada kedelai akan bisa dipenuhi. Dan meminta kepada petani untuk lebih giat lagi menanam kedelai, sebab harga selama ini cukup bagus dan bisa mengurangi impor kedelai. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Membanggakan, Produksi Kacang Kedelai di Blora Capai 15.268 Ton Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top