728x90 AdSpace

  • Latest News

    28 Januari 2015

    Bina Marga Jateng Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Provinsi di Kabupaten Blora

    Jl.Blora-Cepu di dekat Perum Cepu Asri sementara diurug material sirtu sebagai penanganan sementara sebelum nantinya diperbaiki secara permanen setelah lelang proyek pada Maret mendatang.
    BLORA. Kerusakan ruas jalan Provinsi Jawa Tengah yang berada di Blora secara bertahap mulai ditangani. Petugas dari Dinas Bina Marga melakukan penutupan lubang-lubang menganga yang banyak bertebaran di jalan provinsi tersebut. Hanya saja penanganan itu baru bersifat sementara. 

    Oleh karena itu, material yang digunakan untuk menutup lubang tersebut hanya berupa aspal kolakan (aspal kasar bercampur batu kerikil) ataupun pasir bercampur tanah kapur (sirtu). 


    Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Blora, Purwadi mengemukakan, penanganan sementara itu sebagai tindak lanjut dari program Jawa Tengah bebas lubang. Menurutnya, penangangan kerusakan jalan secara permanen akan dilakukan setelah selesainya lelang proyek dari APBD Jateng 2015.

    ’’Kemungkinan besar lelangnya pada Maret. Sambil menunggu proses lelang selesai, kami lakukan penangangan sementara terhadap ruas jalan yang rusak,’’ ujarnya, kemarin.

    Dia menyebutkan, penanganan sementara dengan menutup lubang dilakukan di semua ruas jalan provinsi di Blora. Penanganan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu dan diupayakan selesai akhir bulan ini. Pihaknya membentuk tiga hingga empat tim untuk melaksanakan tugas tersebut. ’’Penanganan yang dilakukan hingga kini sudah mencapai sekitar 60-65 persen dari seluruh ruas jalan provinsi,’’ tandasnya.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, penutupan lubang jalan dengan menggunakan aspal kolakan kemarin dilakukan di kawasan hutan jati di jalur Blora- Cepu. Sejumlah pekerja dikerahkan untuk melaksanakan tugas tersebut. Hal yang sama pekan lalu dilaksanakan juga di ruas jalan provinsi di kawasan perkotaan. ’’Termasuk yang dijalur Cepu-Wirosari di kawasan Singget Doplang. Kami juga lakukan penanganan sementara,’’ katanya.

    Hal yang sama dilakukan pula selepas jalan rigid beton di perbatasan Kecamatan Sambong dan Kecamatan Cepu. Dia mengatakan, di jalur tersebut, kerusakan jalan yang ada ditangani dengan pengurukan material sirtu. Meski penanganan kerusakan jalan baru bersifat sementara, namun sejumlah pengguna jalan memberikan sambutan positif.


    Juwanto misalnya, warga Cepu yang hampir tiap hari melintasi jalur Blora-Cepu menuturkan, di musim hujan seperti saat ini, kerusakan jalan semakin parah. Menurutnya, lubang yang awalnya kecil dan dangkal, kini berubah menjadi besar dan dalam. Jumlahnya pun semakin banyak. ’’Tadi saya melihat beberapa lubang itu sudah ditutup dengan material aspal bercampur batu kecil. Setidaknya upaya tersebut bisa mengurangi potensi kecelakaan lalulintas akibat jalan yang rusak,’’katanya.

    Dia mengharapkan’, penangananan itu tidak hanya dilakukan awal tahun ini saja. Sebab, menurutnya, meski sudah dilakukan perbaikan permanen namun terkadang beberapa bulan kemudian terjadi kerusakan di lokasi yang pernah diperbaiki. ’’Paling tidak sebulan sekali ada patroli petugas Bina Marga Jateng. Patroli tersebut sekaligus juga dengan melakukan penanganan lubang-lubang di jalan yang dijumpai. Sepengetahuan saya, di wilayah Jawa Timur dilakukan sistem seperti itu’,’’ ujarnya.


    Sementara itu, data dari Pemprov Jateng tentang rencana perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Blora dari APBD Jateng 2015 yang akan dikerjakan setelah selesainya lelang diantaranya perbaikan Jl.Kunduran-Ngawen-Blora sepanjang 2,7 km dengan sistem beton di 5 titik dan aspal hotmix overlay 2 lapis sepanjang 2,3 km. Kemudian perbaikan Jl.Blora-Cepu sepanjang 4 km dengan sistem beton cor dan hotmix overlay 2 lapis di 5 titik; perbaikan Jl.Cepu-Randublatung-Singget sepanjang 4 km dengan sistem cor beton di 4 titik.

    Selanjutnya untuk Jl.Ahmad Yani akan dilakukan perawatan sepanjang 4 km dengan menggunakan aspal hotmix overlay 1 lapis. Sedangkan untuk ruas jalan provinsi lainnya yang bergelombang akan dilakukan perawatan rutin dengan aspal lapen. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Bina Marga Jateng Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Provinsi di Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top