728x90 AdSpace

  • Latest News

    26 Januari 2015

    Tergerus Derasnya Air Hujan, Jalan Desa Medalem Kradenan Tepi Bengawan Solo Amblas

    Jalan akses Dukuh Jambi ke Desa Medalem Kecamatan Kradenan Kab.Blora amblas tergerus longsor di tepi Sungai Bengawan Solo. (foto: rs-infoblora)
    BLORA. Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Desa Medalem Kecamatan Kradenan Kab.Blora belum lama ini menyebabkan jalan akses Dukuh Jambi longsor dan amblas. Jalan satu-satunya yang menghubungkan Dukuh Jambi ke Desa Medalem ini putus sehingga warga harus memutar dengan jarak yang lebih jauh.

    Lokasi jalan putus akibat longsor tersebut tepat berada di tepi Sungai Bengawan Solo yang memiliki arus deras. Warga khawatir jika tidak segera ditangani akan melebar memakan tanah penduduk lebih banyak.

    Berdasarkan pantuan di lapangan, Sabtu (24/1) lalu, panjang jalan yang amblas sekitar 20 meter dengan kedalaman 5-10 meter persis di tepi jurang Sungai Bengawan Solo. Jika turun hujan deras lagi dengan dibarengi derasnya arus Bengawan Solo bisa jadi longsoran semakin meluas.

    Kepala Desa Medalem, Anik Juarti mengungkapkan, jalan yang longsor ini berada di wilayah RT 04 RW 01. “Belum lama ini sudah ada tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora yang meninjau lokasi untuk melakukan pendataan, namun belum tahu akan diperbaiki atau tidak,” ungkapnya.

    Anik Juarti, Kepala Desa Medalem Kec.Kradenan.
    “Saya pengennya sepanjang Bengawan Solo di Desa Medalem bisa dibangunkan tanggul penahan longsor seperti bronjong sehingga tanah warga tidak amblas termakan derasnya arus sungai terpanjang di Jawa ini. Disini tidak ada penahan tanggul yang kuat sehingga sepanjang tepian Bengawan Solo rawan longsor karena tanah tergerus air,” tambahnya.

    Dia juga mengatakan, pihak desa sendiri hanya mampu melakukan penanganan darurat dengan ditanami pohon pisang dan bambu untuk menahan tanah supaya tidak longsor.

    “Ada dua yang kami khawatirkan jika hujan deras turun dan air Bengawan naik, yakni longsor semakin luas dan banjir pun datang akibatnya luapan Bengawan sampai ke pemukiman penduduk,” lanjutnya.

    Warga ingin segera dilakukan perbaikan sehingga bahaya bencana yang semakin besar tidak menghantui aktifitas sehari-hari, mengingat jalan tepi Bengawan Solo tersebut merupakan akses satu-satunya dari Dukuh Jambi ke Desa Medalem dan Kecamatan Kradenan.

    “Warga hanya bisa pasrah dengan kejadian ini. Harapannya segera ada perbaikan sehingga jalan yang amblas bisa dipergunakan lagi,” kata Jasman, salah seorang warga Dukuh Jambi Desa Medalem Kecamatan Kradenan. (Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Tergerus Derasnya Air Hujan, Jalan Desa Medalem Kradenan Tepi Bengawan Solo Amblas Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top