728x90 AdSpace

  • Latest News

    13 Februari 2015

    Dukung Swasembada Pangan, TNI di Blora Dilatih Tanam Padi dan Palawija

    Pelatihan budidaya padi, jagung dan kedelai yang diikuti Babinsa TNI Kodim 0721 Blora difasilitasi Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora.
    BLORA. Anggota Babinsa TNI se -Kodim 0721 Blora mengikuti pelatihan tanam padi, jagung dan kedelai selama 4 hari, terhitung mulai Kamis (12/2), dengan tutor sejumlah petugas dari Dinas Pertanian Blora.

    Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut MoU antara Bupati Blora, Djoko Nugroho dengan Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf Ariful Mutaqin yang difasilitasi Dinas Pertanian setempat beberapa waktu yang lalu. Dandim Letkol Inf Ariful Mutaqin yang membuka langsung kegiatan tersebut mengemukakan, TNI AD khususnya Kodim 0721/Blora berkomitmen tinggi akan bekerja sama dengan segenap komponen masyarakat dan dinas instansi terkait di Blora dalam rangka meningkatkan ketahanan produksi pangan berupa padi, jagung dan kedelai. Sehingga swasembada pangan akan tercapai.

    Pelatihan tanam padi, jagung dan kedelai yang berlangsung di Balai Perbenihan Pertanian Blora, Desa Sendangharjo Kecamatan Kota Blora itu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM para Babinsa Kodim Blora. Selama ini pengetahuan tanam padi, jagung dan kedelai merupakan ilmu pertanian yang belum pernah dimiliki mereka.

    TNI dan Pemkab Blora sepakat tandatangani MoU kerjasama peningkatan
    produksi pangan dan pendampingan petani.
    Menjadi Pendamping
    Setelah mempunyai bekal nantinya diharapkan Babinsa yang sebagai ujung tumbak di wilayah desa, akan menjadi pendamping kelompok tani di wilayah masing-masing. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Peretanian Blora Reni Miharti mengemukakan, sinergi antara dinas pertanian dan TNI merupakan modal besar dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dan ketahanan pangan khususnya di Blora.

    Soal fokus pada padi jagung dan kedelai, menurut Reni selama ini petani di Blora banyak menanam tanaman pangan tersebut. Bahkan di beberapa Kecamatan merupakan sentra padi, jagung dan kedelai.

    Sesuai tujuannya, di pelatihan para Babinsa juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang hama penyakit, serta mendampingi penyuluh pertanian yang saat ini sudah ada. ’’Pelatihan-pelatihan akan terus dilakukan bagi Babinsa agar memiliki peningkatan kemampuan dalam bidang pertanian,’’ jelasnya.

    Sementara itu Pasiter Kodim Blora, Kapten Chb Sudiyono menambahkan, pelatihan Babinsa akan di arahkan antara lain membajak sawah dengan mengoperasikan traktor dan menyempret yang dipandu langsung oleh petugas Dinas Pertanian setempat. ’’Bahkan juga diajarkan bagaimana cara mencampur komposisi pupuk yang akan digunakan untuk menyempret,’’tandasnya. (Urip-SMNetwork | Jo-infoblora)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

    *Jangan komentar SPAM
    *Jangan menanam link
    *Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

    Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.



    By: ndeletz.net
    Terima Kasih!!

    Item Reviewed: Dukung Swasembada Pangan, TNI di Blora Dilatih Tanam Padi dan Palawija Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top